Wujudkan Gaya Hidup Berkelanjutan, SMA BSM Edukasi Pengelolaan Sampah pada Pelajar di Makassar

SMA Bosowa School Makassar mengambil langkah proaktif dalam mewujudkan gaya hidup berkelanjutan melalui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dengan tema "Gaya Hidup Berkelanjutan, Lingkunganku Tanggung Jawabku", para siswa terlibat dalam kegiatan edukasi pengelolaan sampah yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan.
Sebagai bagian dari program ini, siswa belajar mengidentifikasi jenis sampah, termasuk organik, non-organik, dan B5, di Urban Agrofarm & TPA Antang, 29 Januari 2024.
Dengan materi dan pengalaman yang diperoleh, siswa kemudian membuat projek edukasi sampah untuk menyosialisasikan pentingnya gaya hidup berkelanjutan. Bahan edukasi ini mencakup informasi tentang cara memilih, memilah, dan mengolah sampah dengan benar.
Sebagai upaya lebih lanjut pada 30-31 Januari 2024, siswa melakukan kampanye di sekolah lain, yakni SMP Negeri 6 Makassar dan MTsN 1 Makassar. Mereka berbagi pengetahuan mereka tentang pengelolaan sampah dan mendorong teman-teman sebaya untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dalam kampanye ini, siswa tidak hanya mengedukasi tetapi juga mengajak orang lain untuk bersama-sama bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Melalui kegiatan ini, siswa SMA Bosowa School Makassar berhasil mengangkat isu lingkungan dan menekankan pentingnya peran pelajar dalam menjaga kebersihan sekitar mereka, baik dari rumah maupun di lingkungan sekolah. Konsep pemilihan, pemilahan, dan pengolahan sampah diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju gaya hidup berkelanjutan yang lebih baik.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini membuktikan bahwa pendidikan tidak hanya tentang buku teks, tetapi juga tentang membentuk karakter dan kesadaran sosial. Dengan keterlibatan siswa dalam inisiatif semacam ini, diharapkan akan muncul generasi yang peduli terhadap lingkungan dan mampu membawa perubahan positif untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Share this Post

Facebook Comments ()

Leave a comment