Playgroup - TK Sekolah Alam Bosowa

PG-TK SAB diinisiasikan untuk anak usia prasekolah untuk memenuhi kebutuhan belajarnya melalui kegiatan bermain sesuai tahap perkembangan sebagai persiapan mereka memasuki usia sekolah dasar. Melalui pembelajaran “Fun Learning” menggunakan metode sentra / “Beyond Center and Circle Time” (BCCT) yang disesuaikan dengan kebutuhan anak pada tiap tahap perkembangannya. Dibina oleh para pendidik professional di bidangnya dan dikemas dengan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.

  • PG-TK mulai usia 3 tahun hingga 6 tahun
  • Waktu sekolah: Senin-Jumat  |  07.30-13.00 WITA
  • FREE Trial Class selama 2 hari


Visi, Misi dan Tujuan

I. Visi 

Menjadi Lembaga Pendidikan Islam yang terdepan dalam melahirkan Generasi Pemimpin terbaik bangsa yang SMART, ISLAMIC, DISCIPLINE, INNOVATIVE, dan COMPETITIVE dalam kancah kehidupan Global 

II. Misi 

  • Menciptakan iklim belajar yang kondusif dengan lingkungan yang nyaman 
  • Mengembangkan Sekolah Terpadu yang dilandasi nilai - nilai Islam 
  • Menumbuhkan sikap dan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan kepekaan sosial dalam integritas pribadi yang disiplin dan tangguh 
  • Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan selaras dengan tuntutan dan perubahan zaman 
  • Menumbuhkan semangat dan budaya belajar yang tinggi dalam meraih prestasi n  Memberikan manfaat bagi peningkatan sumber daya manusia 

III. Tujuan

Mewujudkan rencana dan aturan terkait tujuan, isi, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai profil pembelajar Bosowa School sesuai dengan tahap perkembangan anak

Kurikulum

Sekolah Alam Bosowa menerapkan kurikulum khas Sekolah Alam Bosowa yang fokus pada lima hal yakni, pembinaan akhlak, kepemimpinan (Leadership), logika berpikir (Thinking Skill), jiwa wirausaha (Enterpreneurship), dan keterampilan (Life Skill) yang dikombinasikan dengan kurikulum nasional

Sekolah Alam Bosowa mengembangkan inovasi One Bosowa School. A dynamic integrated school berbasis tahap perkembangan anak berdasar nilai Al-Quran dan Hadits. Lingkungan belajar yang didasarkan pada keyakinan bahwa setiap siswa adalah individu yang unik dengan kemampuan, kelebihan, bakat potensi untuk dikembangkan masing-masing.

Proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas mengandung nilai filosofi, yaitu Smart, Islamic, Disciplined, Innovative, dan Competitive yang mengembangkan potensi intelektual, sosial, dan spiritual siswa. Dengan demikian, Sekolah Alam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja melainkan berbagai aspek lainnya yang sangat penting bagi kehidupan siswa di masa depan.

Keunggulan

  • METODE SENTRA: Sekolah Alam Bosowa menerapkan metode Beyond Centre and Circle Time (BCCT) atau metode sentra, yang berfokus pada pembelajaran berbasis pengalaman dan eksplorasi. Metode ini mendorong anak untuk belajar aktif, mandiri, dan kreatif melalui berbagai aktivitas yang merangsang aspek kognitif, sosial, dan motorik mereka.
  • ESSENTIAL LIFE SKILL: Program belajar yang mengembangkan 7 essential life skill dan menstimulasi 6 domain tahap perkembangan anak.
  • DISCIPLINE: Mengajarkan anak disiplin melalui pembiasaan yang baik, aturan yang jelas dengan kasih sayang.
  • ISLAMIC STUDIES: Mengajarkan anak program keagamaan melalui pembiasaan dan pengulangan.
  • FUN LEARNING: Metode belajar yang ramah anak dan non direct teaching.

7 Alasan Memilih PG-TK Sekolah Alam Bosowa:

1. Lingkungan sekolah yang ramah anak

2. Area outdoor yang luas

3. Kegiatan belajar yang menyenangkan

4. Alat main dan buku sesuai tahap perkembangan

5. Program yang menstimulus 6 domain tahap perkembangan anak

6. Ratio guru dan siswa untuk PG 1:9 dan TK 1:12

7. Tersedia asuransi personal incident untuk siswa

 

Kegiatan

PG-TK SAB menggunakan kurikulum individu untuk memenuhi kebutuhan anak sesuai tahapan perkembangannya dengan menggunakan pendekatan BCCT (Beyond Centre Circle Time).

  • Sensory Play
  • Role Play
  • Art Class
  • Imtaq Program
  • Outdoor Activities
  • Cooking Class
  • Reading Time

Profil

  • Religius
  • Jujur
  • Adil
  • Peduli
  • Bertanggung Jawab
  • Literat
  • Berfikir Kritis
  • Komunikatif
  • Bekerja Keras

Testimoni

Indira PurnamasariOrang Tua

Pembelajaran di SAB sangat menyenangkan, anak merasa sangat bahagia pulang kerumah, dan paham dengan jelas materi-materinya. Sebagai orang tua, saya merasa terbantu sekali dengan pengajaran SAB terutama mengenai cara komunikasi guru dengan anak, sehingga pola pengajarannya pun mempengaruhi hubungan kami dirumah dengan anak-anak.

HartatiOrang Tua

Selama bersekolah di Sekolah Alam, Adel sangat senang dengan lingkungan sekolahnya dan selalu penuh semangat berangkat ke sekolah. Selain itu, Adel juga tumbuh menjadi anak yang aktif dan selalu menceritakan setiap kegiatan yang dia lakukan di sekolah. Metode pembelajarannya juga sangat bagus karena adanya buku penghubung antara guru dan orangtua yang sangat membantu saya untuk mengetahui bagaimana perkembangan Adel dan bagaimana dia menerima pembelajaran selama di sekolah.

Tyara Galuh AmanditaOrang Tua

Kami orang tua ananda Syauqi Sagara ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kebahagiaan yang sudah diberikan untuk Syauqi. Rasanya sangat tepat memilih SAB sebagai sekolah untuk Syauqi. Sangat banyak perkembangan signifikan, saat masuk di kelas Playgroup usia 3 tahun syauqi belum bisa bicara (speech delay). setelah setahun di kelas playgroup, ananda benar-benar sudah fasih berbicara, menggunting, menempel, menggambar, mewarnai dan bermain bersama dengan teman. Perkembangan yang sangat kami syukuri karena memilih sekolah yang tepat dengan guru-guru yang sangat komunikatif dan metode pembelajaran yang sangat mendukung perkembangan bahasa anak dan kemampuan sosial anak. Bahkan Syauqi menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar untuk berbicara karena dibiasakan di lingkungan sekolah. Diajarkan sejak dini meminta maaf, tolong, terima kasih, serta sayang teman.