SMA Bosowa School Makassar Adakan Kunjungan Edukatif ke Benteng Rotterdam

SMA Bosowa School Makassar mengadakan kunjungan edukatif ke Benteng Rotterdam sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase F dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.
Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 4 Februari 2025 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 11 dan bertujuan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah dan nilai keberagaman dalam persatuan Indonesia.
Dalam kunjungan ini, para siswa mendapat kesempatan untuk menjelajahi berbagai bagian Benteng Rotterdam yang sarat akan nilai historisp.
Mereka mempelajari bagaimana benteng ini menjadi saksi perjalanan panjang sejarah Makassar, termasuk peran pentingnya dalam perdagangan, kolonialisme, hingga perjuangan kemerdekaan.
Selain eksplorasi situs sejarah, para siswa juga mengikuti sesi diskusi yang dipandu oleh sejarawan lokal. Dalam sesi ini, mereka menggali lebih dalam tentang makna keberagaman budaya di Indonesia serta bagaimana nilai Bhinneka Tunggal Ika tercermin dalam sejarah bangsa.
Menurut Sulistiani, salah satu pendamping kegiatan, kunjungan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para siswa.
"Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar sejarah dari buku, tetapi juga melihat langsung peninggalan masa lalu yang menggambarkan bagaimana berbagai budaya berinteraksi dan membentuk identitas bangsa kita" ujarnya.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya SMA Bosowa School Makassar dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui pembelajaran kontekstual.
Dengan mengunjungi situs bersejarah, para siswa diharapkan dapat lebih menghargai warisan budaya dan menerapkan semangat persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Kunjungan ke Benteng Rotterdam ini menjadi salah satu langkah nyata dalam mendukung pembelajaran berbasis pengalaman dan memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga persatuan di tengah keberagaman Indonesia.
Komentar (0)