Siswa Bosowa School Makassar mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo 1 di Jeneponto, Selasa (10/09)

Terdiri dari 15 orang siswa kelas X yang bertujuan untuk mengetahui cara kerja sistem pembangkit listrik yang memanfaatkan udara sebagai sumber energi.

"Kunjungan ini untuk melengkapi materi energi dalam pelajaran fisika, siswa dapat melihat dan belajar langsung dari penggiatnya yakni PT Vena Energy" Ucap Agung Nugraha, guru pendamping.

HSE Officer PLTB Jeneponto, Adinegara menjelaskan untuk dapat mengubah angin menjadi listrik, PLTB menggunakan 20 kincir atau turbin angin setinggi 198 M.

"Saat baling-baling berputar, generator yang ada pada turbin akan mengalirkan listrik ke gardu pusat, kemudian didistribusikan oleh PLN ke masyarakat" kata rahmat.

Dibandingkan pembangkit listrik konvensional, pemanfaatan udara merupakan "energi terbarukan" yang menggunakan proses alam bekelanjutan yang selalu tersedia dan bersifat ramah lingkungan.

Setelah pengenalan cara kerja PLTB, siswa diajak melihat langsung kincir angin. Office manager, Supma Indah menjelaskan sistem dan bagian-bagian dari kincir angin dalam mengolah udara.

Siswa BSM, Muhammad Jibral mengungkapkan bahwa kunjungan ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dapat belajar fisika melalui edukasi di lapangan.

Bagikan

Komentar

Komentar

Tinggalkan Komentar anda