Dalam rangka memberikan pengalaman kontekstual untuk memenuhi teori pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Siswa kelas VIII Bosowa School Makassar mengadakan kunjungan ke Tribun Timur, Rabu, 28 Agustus 2019.

Kedatangan 12 siswa Bosowa School Makassar disambut oleh wakil pimpinan redaksi Tribun Timur, Ronald Ngantung dan wartawan Tribun Timur, Nailul.

“Dalam membuat berita yang baik kuncinya adalah ADIK SIMBA, yaitu apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana” ungkap Ronald.

Ronald menjelaskan bahwa berita yang dimuat di media harus berdasakan dengan fakta yang terjadi, kemudian diceritakan kembali dengan standar 5W1H sehingga menghasilkan berita yang jelas dan tepat kepada masyarakat.

Selama kunjungan berlangsung, siswa diberikan informasi mengenai fungsi media, pengenalan rubrik berita di koran, dan alur produksi berita mulai dari proses penulisan berita oleh wartawan, editing, layout hingga penerbitan berita di media cetak dan online.

“Selain menguasai standar jurnalistik, menjadi wartawan harus memilki wawasan luas untuk bisa menguasai berbagai topik berita, tidak harus paham secara menyeluruh tapi punya gambaran mengenai berita yang akan diliput” Jelas Nailul membagikan pengalamannya sebagai wartawan.

Setelah diskusi, siswa diajak berkeliling ke ruangan redaksi berita dan mengunjungi ruang percetakan untuk melihat proses produksi mesin percetakan koran berlangsung.

Bagikan

Komentar

Komentar

Tinggalkan Komentar anda