Siswa kelas XI Sains Bosowa School Makassar mengadakan fieldtrip di Lembaga Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Makassar, Rabu (20/11).

Fieldtrip ini bertujuan untuk memberikan experiental learning mengenai tugas dan fungsi BPOM dalam pengawasan mutu dan keamanan produk obat, makanan, dan kosmetik yang beredar di masyarakat.

Staf Bidang Infokom BPOM, Desi Isnaeni menjelaskan bahwa saat ini penting sekali menjadi konsumen cerdas dalam mengkonsumsi produk yang digunakan sehari-hari.

"Ada empat cara untuk memastikan produk layak pakai dengan memeriksa fisik kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa yang tertera pada kemasan produk"

Desi juga menambahkan bahwa BPOM juga sudah menyediakan fasilitas website dan aplikasi di smartphone untuk cek izin edar produk yang mudah di akses oleh masyarakat.

Selain itu, siswa juga diberikan sosialisasi untuk meningkatakan kepedulian mengenai peredaran obat dan kosmetik ilegal yang diimingi harga murah dan tersebar secara online.

"Pentingnya menjadi konsumen cerdas sebagai upaya bagi masyarakat untuk self protection dan bersikap pro active, yakni menjadi pribadi yang siaga dalam memilih produk dan juga mengedukasi orang lain untuk memilih produk yang aman" ucap Desi.

Bagikan

Komentar

Komentar

Tinggalkan Komentar anda