Gambar : Andi Arifad, Guru Sentra Bahan Alam Sekolah Alam Bosowa

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya manusia, sebab pendidikan merupakan sarana untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan manusia itu sendiri. Pendidikan tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana hidup dimasa sekarang , namun juga bekal untuk hidup di masa yang akan datang.

Berdasarkan Undang-Undang No.20 Tahun 2003   tentang sistem pendidikan nasional Bab 11 Pasal 3, yang berbunyi: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta pendapatan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan hak seluruh warga Negara, tidak terkecuali pendidikan di usia dini. Didalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas bahwa   Pendidikan  Anak  Usia Dini  (PAUD)  adalah  suatu  upaya pembinaan  yang ditujukan  bagi  anak  sejak  lahir  sampai  dengan  usia  enam  tahun  yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Menurut Suyanto (2005) pada jenjang PAUD obyek inti dari permasalahannya adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun serta segala aspek yang terkait dengan PAUD. Persoalan yang paling penting pada jenjang PAUD adalah bagaimana cara mendidik dan mengembangkan potensi anak secara maksimal.

Usia dini disebut juga masa keemasan “golden age” karena pada masa itu otak manusia sedang berkembang pesat-pesatnya, selain itu pada usia dini, anak akan banyak menghabiskan waktunya dengan bermain, karena melalui kegiatan bermain anak akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang bermanfaat untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, .

Andriani (2012 : 126) menjelaskan bahwa bermain adalah sebuah sarana yang dapat mengembangkan anak secara optimal. Sebab bermain berfungi sebagai kekuatan, pengaruh terhadap perkembangan dan lewat bermain pula didapat pengalaman yang penting dalam dunia anak. Hal inilah yang menjadi dasar dari inti pembelajaran pada anak usia dini..

Pada hakikatnya setiap anak itu unik dan berbeda-beda, setiap anak memiliki ptensinya masing-masing dan setiap anak juga memiliki masalah pada aspek perkembangannya yang berbeda-beda. sehingga dibutuhkan program pendidikan yang tepat bagi anak agar dapat mengembangkan aspek perkembangan anak secara tepat.

Kurikulum indibidu merupakan salah satu program yang dapat dijadikan solusi, karena program individu memberikan kesempatan belajar dan member pengalaman belajar yang luas terhadap anak. Dengan penerapan kurikulum individu maka program pembelajaran akan berbasis kebutuhan anak, jadi setiap anak akan mendapatkan program yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak.

Sebagai kesimpulan, Pendidikan anak usia dini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan , karena pada masa usia dini otak anak berkembangn sangat pesat dan dibutuhkan stimulus yang tepat. Oleh karena itu, pemberian program pendidikan yang tepat adalah langkah yang sangat penting agar anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Share this Post

Facebook Comments ()

Leave a comment